Vitamin C

Diposting oleh Fusion | 04.25

Salah satu fungsi utama dari vitamin C adalah mencegah sariawan dan gusi berdarah,dengan cara pembentukan kolagen.
kolagen itu adalah protein yang fungsinya seperti lem,merekatkan sel-sel kulit tulang dan otot,sehingga itu luka,patah tulang atau memar biru cepat sembuh.
kalo asupan vitamin C kamu minim,pembentukan kolagen terganggu,sel-sel pun engga melekat.
Pada pria dampak lanjut kekurangan vitamin c adalah menurunnya kesuburan dan meningkatnya resiko kerusakan gen pada sperma yang dapat menyebabkan cacat pada bayi.
Fungsi vitamin C banyak sekali,mencapai 300 fungsi,fungsi dasarnya meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit,dan membantu penyembuhan tubuh.fungsi utama dari vitamin C sebagai antioksidan yaitu menetralkan racun dan radikal bebas dalam darah maupun cairan sel tubuh.dengan cara ini peran vitamin c mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL dan mencegah tersumbatnya pembuluh darah sehingga tidak menyebabkan hypenrtensi dan penyakit jantung.juga menjaga kesehatan paru-paru karena menetralkan radikal bebas yang masuk melalui pernafasan.
Vitamin c juga meningkatkan sel-sel darah putih yang dapat melawan infeksi sehingga flu sembuh lebih cepat,membantu mengaktifkan asam folat,meningkatkan penyerapan zat besi sehingga mencegah anemia,meregenerasi vitamin E sehingga bisa dipakai lagi sebagai anti-oksidan.Vitamin c ada yang alami juga ada yang sintetik.asal keduanya berbentuk L-ascorbic acid dan tidak memiliki perbedaan kinerja pada keduanya.
Berikut bentuk-bentuk vitamin C :

1. Asam ascorbat ( L-ascorbic acid )
Jenis ini digunakan tubuh,meski bersifat asam,kekuatan asamnya jauh lebih rendah dibanding asam lambung.jenis ini lebih murah dari jenis lainnya.

2. Garam ascorbat

Sifat asam jenis ini dinetralkan oleh garam sodium atau kalsium sehingga dianggap lebih aman bagi lambung.

3. Vitamin C dengan bioflavonoid

Bioflavonoid adalah zat warna tanaman seperti dalam sayur atau buah.meski bioflavonoid mempunyai anti-oksidan,masih sedikit penelitian yang menunjukkan bahwa kombinasinya dengan vitamin c dapat meningkatkan fungsi vitamin c.

4. Ascorbat dan metabolit vitamin C

Mengandung kalsium ascorbat ditambah dikit dehidroaskorbat (asam askorbat yang teroksidasi) dan bahan lain.meski tujuannya untuk meningkatkan kinerja vitamin c,hasil penelitian tidak menunjukkan perbedaan dengan asam ascorbat pada no.1 di atas.

5. Ascorbil palmitat

Yakni vitamin c yang diesterifikasi dengan asam palmitat (asam lemak ).sering ditambahkan pada krim kulit untuk memanfaatkan sifat anti-oksidannya.jenis ini banyak dibentuk untuk suplemen seperti Ester C,namun berbeda dengan ester-c dengan metabolit vitamin c.Berikut kebutuhan vitamin c untuk kita dalam / hari :

- Bayi
bayi 0-6 bulan = 40 mg
bayi 7-12 bulan = 50 mg.

-anak-anak
1-3 tahun = 15 mg
4-8 tahun = 25 mg
9-13 tahun = 45 mg

-Remaja pria/wanita 14 - 18 tahun = 75 mg/ 65 mg

- Ibu hamil = 85 mg
- Ibu menyusui = 120 mg

- dewasa pria / wanita = 90 mg / 75 mg
-kebutuhan untuk perokok = 35 mg lebih tinggi dari non-perokok.

Dan 1 hal lagi yang penting. .sel-sel tubuh menjadi jenuh oleh vitamin c pada dosis 4000mg/hari,jadi artinya mengkonsumsi diatas dosis ini tidak memberikan manfaat tambahan.

Cara pemberian vitamin c dengan oral yaitu asupan tablet,syrup,effervescent,dan kemudian yang ke dua dengan cara suntikan ( intravena dan intramuskular).khusus untuk kulit. .dengan suntikan hasilnya jauh lebih nyata dari asupan oral.seperti yang kita lihat teraphy untuk kulit di iklan-iklan seperti mengetatkan kulit,penyembuhan kulit.
Cara penyuntikan juga ada 2 cara yaitu intravera dan intramuskular,yang lebih aman adalah intravena,karena tidak terlalu menyakitkan dibandingkan penyuntikan ke otot ( intramuskular).suntikan di lakukan pada lekukan siku bagian dalam seperti ketika kita donor darah.
Mengapa suntikan vitamin c lebih unggul daripada asupan oral ? Pada suntikan akan langsung pada darah,sedangkan oral harus melalui penyerapan dilambung baru kemudian ke darah.
Dan ini yang terakhir efek samping vitamin c
...Meski vitamin c larut dalam air yang mana kalo kelebihan asupan dikeluarin melalui urine,pada dasarnya efek samping juga ada misalnya pada balita bila kelebihan dari 400 mg/hari kemungkinan terjadi akan diare,pada orang dewasa juga tidak boleh lebih dari 2000mg/hari karena dapat menyebabkan maag juga mengganggu kinerja ginjal.
Yang ini efek samping vitamin ala suntikan yaitu dapat terjadinya batu ginjal bila berlebihan dosis.pengendapan akan menjadi kristal,apalagi pada orang yang kurang minum air putih.air putih sangat penting untuk tubuh.minimal 8-10 gelas per hari.kalo 10 gelas / menit itu mah akan membuat perutmu buncit,alias kekenyangan air,haghaghag.
Apabila timbul gejala rasa pegal dan sakit pada pinggang,segera hentikan penyuntikan vitamin c,bagi yang mengidap keturunan batu ginjal sebaik tidak melakukan penyuntikan vitamin c,atau sebaiknya sebelum melakukan penyuntikan vitamin c konsultasi dahulu diri kamu tentang situasi dan kondisi batu ginjal kamu pada ahlinya.
Pengidap maag juga mesti berhati-hati karena vitamin c yang bersifat asam,maka dari itu lebih baik sebelum mengkonsumsi vitamin c..makanlah dahulu untuk menghindari rasa perih di lambung.
Huuuf. .capek juga ketiknya. .sekian dulu.moga bermanfaat bagi kita semua tentang vitamin c.

Oleh = Dr.H.A.Siregar

10 komentar
  1. japraxxx 6 Juni 2009 17.49  

    wah kayaknya kurang vitamin c ne...sariawan di 2 t4....
    penyakit sariawan memang menyebalkan....

  2. erik 14 Juli 2009 22.34  

    mau tanya dong..
    bedanya Ester C,dengan ester-c dengan metabolit vitamin c apa????
    thx

  3. Fusion 12 Agustus 2009 04.45  

    @perbedaan nya adalah pada letak susunan gugus kimia dan beda pada namanya :pada ester-c vit.C adalah generik..pada ester-c metabolit adalah paten.fungsi jg berbeda yaitu pada ester-c sbg antioksidan,sedangkan pada metabolit untuk metabolisme.

  4. Anonim 12 November 2009 20.26  

    sebaikx berapakali seh dlm sebulan bdn kita bs menerima suntikan vit C,agr bs mendapatkan kulit yg bagus n kencang???

  5. Imelda F 26 April 2010 09.40  

    wow bagus nih artikelnya...thaks berat...;..

  6. Diana 31 Januari 2011 20.18  

    aq udh 15 kali suntik vit c,,kok hasilnya belum kliatan yah?
    sebenarnya hrus brapa kali sntik sih baru mendapatkan hasil yang memuaskan?
    Makaciiihh.. :)

  7. Anonim 3 Oktober 2011 18.26  

    kalo suntik vitamin c itu cairan yg disuntikin ke darah namanya apa ya ?
    trus brpa mg ?

  8. Aliya 26 Februari 2012 17.09  

    kalo suntik vit.c dibarengi dengan minum klorofil aman apa ngga? dan berpengaruh ke hasil suntik (mngkin menghambat) efeknya yng masuk kedalam tbuh ato gmna... ?
    thanks.. :)

  9. shinta wardani 24 Juli 2012 14.22  

    Kalau rodotex , penyuntikannya lewat im tapi di campur dulu sama aquabidest biar gak sakit boleh gak ya ( bahaya gak ? )

  10. shinta wardani 24 Juli 2012 14.34  

    Kalau rodotex , penyuntikannya lewat in tapi di campur dulu sama aquabidest biar gak sakit boleh gak ya ( bahaya gak ? )

Posting Komentar